Seputar Kebersihan Lingkungan dan Kesehatan

Seputar Kebersihan Lingkungan dan Kesehaatan
Kawan, tahukah kalian bahwa indonesia menjadi salah satu negara  terkotor di dunia? Loh kok bisa?
                Lihat sampah bertebaran dimana-mana, nngak ada kesadaran dari yang tua sampai yang muda, gimana ngak kotor! Kita patut malu dan khawatir tentang hal ini kawan, bahwa sebenarnya ini bukanlah sesuatu yang perlu di banggakan. Nah teman – teman mari kita ungkap mengapa indonsia menjadi salah satu negara terktor. Mau tahu kan?
1.      Tidak dapat memisahkan antara sampa organik dan non organik
Kawan, kita bisa meliht sekolah kita walaupun sudah punnya tempat sampah di penjuru sekolah tapi masih saja yang organik dan organik itu tercampur. Kadang kita bisa mendapati tempat sampah bertulis organik namun tercampur dengan sampah – sampah non organik.
2.      Menempatkan sampah bukan pada tempatnya
Nah kawan sepertinya ini ngak perlu di perdalam lagi. Hal ini bagaikan makanan sehari – hari kita, setiap upacara pasti kita mendengar hal ini bahkan setiap ornag merasa bosan dengan itu semua, tapi kawan walau demikian, mari kita lakukan jangan di dengar saja!
3.      Wisata yang indah namun tidak terawat
Indonesia merupakan negara yang punya wisata yang luar biasa, kita punya segala sesuatu yang bikin negara lain iri. Kita punya Bali yang sangat terkenal. Namun di samping itu semua, terdapat keadaan yang sangat kronis bahwa walau indah tempat itu sangat kotor dan tidak terawat.
4.      Banyak penghuni pinggiran sungai
Kita bisa lihat ibu kota negara kita yakni jakarta, di sana masih banyak penghuni – penghuni pinggran sungai. Contohnya sungai Ciliwung. Sungai besar ini menjadi tempat hidup bagi sebagian warga miskin disana. Sungai itu menjadi sumber kebutuhan mereka seperti : mandi, mencuci, bahkan buang air. Tidakkah kita bayangkan bagaimana kotor dan tidak sehatnya sungai itu? Sebenarnya pemerintah telah menyediakan toilet dan sarana MCK, untuk keperluan mereka, namun sarana tersebut hanya di biarkan rusak hingga tidak dapat terpakai lagi. Akan tetapi, mereka memang lebih nyaman menggunakan sungai ciliwung sebagai tempat kebutuhan mereka dari pada sarana yang telah di bekian kepada mereka. Akhirnya hidup dengan demikinan terus berlanjut tanpa memikirkan keadaan yang akan menimpa hidup mereka kedepannya.
            Kawan, sesuatu yang kita lakukan pasti ada dampaknya dan itu semua pastinya akan berdampak ke diri kita sendri. Maka dari itu, mari menciptakan lingkungan yang sehat dan aman, maka akan terjamin suasana belajar kita yang nyaman, aman dan sehat. Nah untuk itu jangan lupa melakukan kebijakan  berikut:
1.      Menjaga kebersihan mulai dari kebersihan diri sendiri
2.      Mencuci tangan sebelum dan sesudah kita melakukan aktivitas
3.      Membuang sampah di tempatnya
4.      Memakan makanan yang sehat dan aman
5.      Menghindari rokok dan minuman keras
6.      Mengatur waktu istirahat yang cukup
7.      Menjaga kebugaran dengan berolah raga secara utin
8.      Dan kebijakan – kebijakan lainnya
Nah kawan itulah beberapa informasi yang mungkin bisa membuat kita sadar tentang betapa memprihatinkannya negara kita saat ini. Namun bukan hanya itu saja masih banyak sekali masalah kebersihan yang membuat indonesia termasuk kedalam salah satu negara terkontor didunia. Kawan jika kita ingin melihat perubahan indonesia kedepannya menjadi lebih baik, seharusnya kita sebagai penerus bangsa kedepannya menolehlah sedikit, walau sedikit sekali. Karna negara kita mungkin akan hancur kedepannya dengan berbagai tanggapan masa bodoh oleh rakyatnya. Kalau bukan kita yang memulai seiapa lagi coba?
Mari ciptakan hidup bersih dan sehat. Sebagai cerminan bahwa kita emanglah Unggula, Ceredas, dan Berkarakter.


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Novel "Memberi Jarak pada Cinta"

Some Theories About How The Conflict Appears

Naluri: Review Novel "Penguasa Lalat" oleh William Golding