ULANGAN HARIAN: ANALISIS LATAR BELAKANG KONFLIK


ULANGAN HARIAN

PEACE AND LEADERSHIP CLASS #16


MATERI                : ANALISIS LATAR BELAKANG KONFLIK

PENGANTAR
Setelah mendapatkan tiga materi tentang Nature of Conflict, baik berdasarkan pemaparan Tuan Konflik sendiri, maupun oleh penemu-penemu teorinya, berikut adalah beberapa cara atau metode-metode analisis latar belakang konflik, untuk menentukan cara penyelesaian terbaiknya:

Pertama, analisis aktor konflik berupa push and pull factors. Anda harus mengetahui dulu apa yang mendorong seseorang/sekelompok orang untuk berkonflik. Juga, apa yang ingin dicapai atau diperoleh seseorang/sekelompok orang dari terjadinya konflik tersebut. Hint: push factors biasanya bersifat eksternal, tidak dapat dikendalikan, dan pengaruhnya cukup luas atau dirasakan banyak orang; pull factors selalu berasal dari diri sendiri, berkaitan erat dengan nilai/kepercayaan yang dianut, subyektif namun tidak tertutup kemungkinan dapat dirasakan oleh banyak orang yang sama budaya.

Kedua, Analisis SAT (Struktural, Akselerator, Trigger). Masalah struktural merupakan kondisi yang di luar kendali si pelaku konflik, misalnya ketidakadilan dan kemiskinan. Trigger ialah kejadian pemantik konflik yang terlihat. Sementara akselerator yang menyebabkan konflik yang ada semakin membesar. Hint: jika kebakaran hutan diibaratkan konflik, maka rumput kering adalah masalah struktural, api adalah trigger, sementara akseleratornya ialah angin.

Ketiga, Analisis conflict tree. Cari dahulu apa akar masalahnya. Ibarat pohon, akar masalah pemicu konflik selalu tidak terlihat. Jangan sampai konflik Anda tidak kunjung selesai, karena yang dipangkas hanya ‘batang’ masalah yang terlihat, bukan akar yang akan  terus menancap sepanjang tidak ditanggalkan. Hint: akar masalah disebut main causes, konflik kasat mata disebut main problem, akibat-akibat dari konflik disebut effects of conflict.

SELAMAT MENGERJAKAN!


Bacaan untuk soal nomor 1-3
Jauhari tinggal di lingkungan yang kumuh, dari segi fisik maupun sosial. Hal tersebut menyebabkan sering terjadi perebutan bantuan dari kota. Biasanya akan berakhir ricuh, pun karena metode pembagian oleh pemkot tidak dirancang sedemikian rupa agar tertib. Sampai sekarang hubungan Jauhari dengan tetangga-tetangganya tidak kunjung membaik.
1. Faktor pemicu konflik tersebut masuk dalam kategori..
A. Good factors
B. Push factors
C. Faktor penghambat

2. Jika sebelumnya, Jauhari dan salah seorang tetangganya pernah berhubungan bahkan setelah kericuhan pernah terjadi, metode apa yang sebaiknya digunakan untuk menganalisis konflik tersebut?
A. Metode push and force factors
B. Metode SAR
C. Metode Conflict Tree

3. Usut punya usut, Jauharilah salah satu biang ricuh ketika pembagian bantuan itu. Ternyata dia dibayar oleh ‘orang’ calon walikota yang tidak terpilih. Orang tersebut ingin bila konflik di lingkungan Jauhari tidak kunjung selesai, yang berimbas pada buruknya penilaian terhadap kinerja pemkot (lawannya dalam pilkada). Sikap Jauhari yang memicu konflik karena tertarik dengan uang yang diberikan termasuk…
A. Pull factors
B. Hidden factors
C. Fake factors

Bacaan untuk soal nomor 4-6
Amir dari Suku A dan Bima dari Suku B terlibat perkelahian. Bima mendapati Amir berselingkuh dengan istrinya. Bonar, teman sesuku Bima ikut merasa marah. Dia menyebarkan berita bahwa para lelaki di Suku A suka sekali merebut istri-istri para suami di Suku B. Padahal, kasus Amir adalah yang pertama terjadi. Alhasil, Suku B pada suatu hari mendatangi Suku A dan mereka terlibat perkelahian hebat. Hingga kini, hubungan kedua suku masih memanas, ditandai dengan seringnya beberapa orang dicegat ketika melintas di wilayah suku musuh.
4. Berdasarkan cerita tersebut, yang menjadi “trigger” menurut analisis SAT adalah..
A. Pertemanan Bima dan Bonar
B. Perkelahian Suku A dan Suku B
C. Perselingkuhan Amir dan Istri Bima

5. Siapakah yang bertindak sebagai “Akselerator”?
A. Istri Amir
B. Bonar
C. Jauhari

6. Jika kebetulan Suku A dan Suku B berada di pedalaman, yang tidak tersentuh pendidikan, kondisi tersebut dalam Analisis SAT disebut sebagai akar masalah..
A. Struktural
B. Konvensional
C. Terpadu

7. Rasa keamanan, hadiah, pahala, gelar dan harga diri merupakan contoh faktor …. seseorang atau sekelompok berkonflik.
A. Penghambat
B. Pemersatu
C. Penarik

8. Perang, bencana alam, kemiskinan, diskriminasi, kekejaman rezim termasuk dalam … factors penyebab konflik.
A. Push
B. Pure
C. Punch

9. Akselerator bisa juga disebut..
A. Terminator
B. Provokator
C. Eskalator

10. Masalah utama (batang) dalam Pohon Konflik bisa disetarakan dengan…. di Analisis SAT.
A. Push Factors
B. Kemiskinan
C. Trigger

11. Konflik rumah tangga yang biasa kita lihat, bisa saja penyebabnya adalah karena suami merasa jatuh harga dirinya karena istri mendapatkan pekerjaan/gaji yang lebih baik darinya. Dari situ, perbedaan pendapat pun sering muncul yang tidak jarang pula menghasilkan pukulan dari suami ke istri.
Identifikasi manakah yang benar di bawah ini, menurut Analisis Pohon Konflik?
A. Main causes: harga diri; main problem: perbedaan pendapat; effect of conflict: pemukulan
B. Main causes: kekerasan; main problem: perselingkuhan; effect of conflict: perbedaan pendapat
C. Main causes: rasa malu; main problem: kemiskinan ; effect of conflict: perceraian


 SEKIAN DAN JANGAN LUPA TULIS NAMA!


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Novel "Memberi Jarak pada Cinta"

Some Theories About How The Conflict Appears

Naluri: Review Novel "Penguasa Lalat" oleh William Golding